Gubernur Kepri Akan Dorong Penambahan Kuota Gas Elpiji 3 Kg untuk Karimun

  • Whatsapp
Gubernur Kepri Ansar Ahmad diwawancarai di Masjid Baiturrahman Karimun. (foto: yra)
Gubernur Kepri Ansar Ahmad diwawancarai di Masjid Baiturrahman Karimun. (foto: yra)

Karimun, JurnalTerkini.id – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) akan mendorong penambahan kuota gas elpiji 3 kilogram (kg) untuk Kabupaten Karimun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat melakukan safari Ramadhan di Kabupaten Karimun, Rabu (28/4/2021).

Bacaan Lainnya

Gubernur Ansar mengatakan, pihaknya akan mendorong penambahan kuota tersebut ke Badan Pengatur Hilir (BPG) Minyak dan Gas (Migas).

Tidak dipungkiri bahwa penambahan kuota tersebut merupakan hal yang tengah didorong oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saat ini.

Mengingat, berkurangnya kuota gas elpiji untuk Kabupaten Karimun pada tahun 2021 oleh pemerintah, memicu kelangkaan gas yang disubsidi bagi masyarakat kurang mampu tersebut.

“Kita akan dorong, karena dimana-mana saja kuotanya masih kurang. Pemerintah Provinsi akan kita tugaskan, apabila perlu berangkat untuk mengurus itu,” kata Ansar.

Ansar menjelaskan, belum terpenuhinya kuota gas sesuai kebutuhan di suatu daerah akan berdampak terhadap terjadinya fluktuasi harga.

“Masalah ini segera akan kita rapatkan, karena tidak terpenuhi itu konsekuensinya akan terjadi fluktuasi harga,” jelasnya.

Diketahui, Kuota gas elpiji 3 kilogram untuk Kabupaten Karimun diketahui dikurangi dari angka 4.900 Matrix Ton (MT) menjadi 3.196 MT oleh Kementerian ESDM.

Pengurangan kuota itu memicu terjadinya kelangkaan gas di Karimun sejak awal April 2021.

Hal tersebut menyebabkan antrean panjang warga di sejumlah pangkalan-pangkalan gas elpiji di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau sejak sebulan terakhir.

Warga setiap harinya berbondong-bondong mendatangi tiap pangkalan yang baru saja menerima distribusi gas yang kerap disebut ‘melon’ itu. (yra)

Baca juga: ASN hingga Warga Berpenghasilan 2 Juta Keatas di Karimun Diimbau Tidak Gunakan Gas Elpiji 3 Kg

Pos terkait