BC Kepri Gagalkan Penyelundupan Sabu dan Happy Five asal Malaysia Senilai Rp17 Miliar

  • Whatsapp

Karimun, JurnalTerkini.id – Upaya penyelundupan narkotika jenis sabu dan pil happy five senilai Rp. 17 Miliar dari Malaysia tujuan Sungai Guntung, Riau berhasil digagalkan oleh Ditjen Bea dan Cukai.

Barang haram tersebut diamankan oleh petugas DJBC Khusus Kepulauan Riau
dari KM Tohor Jaya di Perairan Pulau Burung, Riau, Kamis (27/ 4/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Kepala Kanwil (Kakanwil) DJBC Khusus Kepulauan Riau, Agus Yulianto mengatakan, upaya penangkapan bermula saat pihaknya menerima informasi oleh tim Bea Cukai Riau yang mengindikasikan adanya rencananya pengiriman paket barang terlarang.

“Berdasarkan informasi itu disebutkan barang-barang tersebut akan dikirim menggunakan kapal kayu dari Batu Pahat, Johor, Malaysia dengan tujuan Sungai Guntung, Riau,” kata Agus Yulianto dalam siaran persnya, Jum’at (30/4/2021).

Setelah dilakukan pengolahan oleh Direktorat P2 Bea Cukai Pusat, informasi tersebut kemudian diteruskan kepada Bea Cukai Kepri agar dapat disusun rencana penangkapan.

Kemudian, pihaknya langsung menerjunkan 5 unit kapal patroli untuk melakukan pencegatan sekitar pukul 02.50 WIB.

Saat itu, kata Agus, terlihat kapal kayu yang diduga sebagai pembawa paket dan langsung saja pihaknya memberi isyarat berhenti dan nahkoda menghentikan kapal yang kemudian tim patroli menaiki kapal tersebut untuk mengadakan pemeriksaan.

“Karena kondisi di tengah laut yang tidak ideal untuk dilakukan pemeriksaan secara detail, tim diinstruksikan untuk membawa kapal ke dermaga Bea Cukai Kepri,” katanya.

Kemudian, sesampainya di dermaga, pemeriksaan kembali dilanjutkan dengan hasil pihaknya menemukan 2 buah tabung gas ukuran 14 kg yang mencurigakan.

“Modus penyelundupan kali ini tergolong unik, dengan harapan dapat mengelabui petugas, barang haram dimasukkan ke dalam tabung gas yang telah dimodifikasi,” ucap Agus Yulianto.

Pos terkait