BC Kepri gagalkan penyelundupan puluhan juta batang rokok, sempat lepaskan tembakan peringatan

  • Whatsapp
Kapal mengangkut puluhan juta batang rokok ilegal yang diamankan BC Kepri sandar di dermaga Kanwil BC Kepri di Meral, Karimun, Kepri. (foto: dok. Humas BC Kepri)
Kapal mengangkut puluhan juta batang rokok ilegal yang diamankan BC Kepri sandar di dermaga Kanwil BC Kepri di Meral, Karimun, Kepri. (foto: dok. Humas BC Kepri)

Karimun, JurnalTerkini.id – Penyeludupan rokok ilegal berhasil digagalkan oleh aparat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri di Perairan Berakit Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau.

Penyeludupan rokok itu digagalkan Selasa (22/10/2020) kemarin, berkat kerjasama apik antara Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepri, Bea Cukai Batam, Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Tanjungbalai Karimun dan PSO Batam.

Bacaan Lainnya

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Syarif Hidayat mengatakan, saat itu kapal bermuatan rokok ilegal itu sedang melakukan ship to ship ke tiga High Speed Craft (HSC) di perairan tersebut.

“Berdasarkan penginderaan radar kapal BC 20007 didapati sebuah kapal yang akan memasuki perairan Indonesia dan tiga buah high speed craft (HSC) yang akan melakukan ship to ship di perairan Berakit. Kegiatan tersebut disinyalir melanggar Undang-Undang Kepabeanan,” ujar Syarif dalam keterangan rilisnya diterima JurnalTerkini.id, Sabtu (24/10/2020).

Dikatakannya, saat ingin mendekati kapal KLM Pratama tersebut, para pelaku sempat melakukan perlawanan dengan menabrakkan kapal ke Kapal Patroli BC 20007.

Baca juga: Video – Penindakan penyelundupan miras tujuan Tembilahan, pelaku kabur dan tabrak kapal patroli

Pos terkait