Mentan Optimistis Bisa Cetak 500.000 Hektare Sawah di Merauke

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Yasin Limpo, dan sejumlah pejabat meninjau areal persawahan yang menjadi kawasan lumbung pangan di Kabupaten Sumba Tengah.
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Yasin Limpo, dan sejumlah pejabat meninjau areal persawahan yang menjadi kawasan lumbung pangan di Kabupaten Sumba Tengah. (Agus Suparto/Kemen PUPR)

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimistis pemerintah bisa mecapai target mencetak 500 ribu hektare sawah baru di Merauke, Provinsi Papua Selatan, yang diharapkan bisa menjadi lumbung pangan nasional.

Sebelumnya, Kementan telah melakukan program cetak sawah di provinsi yang sama seluas 10 ribu hektare pada beberapa tahun yang lalu. Mentan Andi Amran mengklaim program tersebut berhasil karena telah memproduksi sebanyak enam ton per hektarenya.

Bacaan Lainnya

“Dulu rencana kita kembangkan di sini sampai satu juta hektare. In syaa Allah ke depan ini, kita mencoba merintis, membangun, mencetak sawah 500 ribu hektare karena lahannya sudah ada dan siap, dan ini sangat bagus. Potensinya luar biasa, airnya melimpah dan seterusnya, ini kita jadikan lumbung pangan,” ungkap Mentan dalam siaran persnya.

Menurutnya, jika kelak program ini berhasil ia yakin kedaulatan pangan bisa tercapai meskipun berbagai risiko seperti faktor cuaca dan krisis pangan dunia membayangi.

“Ini sangat strategis sehingga In syaa Allah ke depan yang sudah ada kita tingkatkan indeks pertanamanny. Kemudian yang 500 ribu hektare kita akan garap, moga-moga dalam satu tahun selesai, ini nanti menjadi lumbung pangan, menjadi kekuatan kita,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Merauke sendiri dikenal sebagai etalase perdagangan dan transportasi di wilayah Indonesia Timur, wilayah Pasifik dan Rumpun Melanesia. Merauke merupakan kabupaten di Papua Selatan dengan potensi lahan pertanian 1,2 juta hektare.

Provinsi Papua Selatan terdiri dari empat kabupaten, 74 distrik, 13 kelurahan, dan 674 kampung. Sedangkan populasi di Merauke mencapai 243.722 jiwa dengan total luas wilayah mencapai 127.280,69 kilometer.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengatakan wilayahnya merupakan penunjang bagi kebutuhan pangan di Papua.

Saat ini, pemerintah juga tengah menyiapkan pertanian organik sebagai solusi pertanian berkelanjutan yang lebih sehat. Selain itu, kata Romanus, pihaknya telah menyiapkan dukungan infrastruktur irigasi untuk target produksi yang lebih besar.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian atas dukungan dan arahan terhadap jalannya pembangunan pertanian di wilayah Merauke. Ke depan, kami siap menjadikan pertanian sebagai solusi masa depan yang berkelanjutan,” tutur Romanus.

Pos terkait