Soal Penggunaan Alat PCR, Bupati Karimun: Sedang Menunggu Izin Pemprov Kepri

  • Whatsapp
Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Ketua DPRD M Yusuf Sirat ketika meninjau peralatan tes PCR di RSUD Muhammad Sani beberapa waktu lalu. (foto: dok. Humas Pemkab Karimun)
Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Ketua DPRD M Yusuf Sirat ketika meninjau peralatan tes PCR di RSUD Muhammad Sani beberapa waktu lalu. (foto: dok. Humas Pemkab Karimun)

Karimun, JurnalTerkini.id – Penggunaan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Muhammad Sani Karimun sedang menunggu izin dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq ketika dikonfirmasi oleh JurnalTerkini.id, Jum’at (30/7/2021).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulilah, alat PCR sudah terpasang, sudah siap semuanya, sudah diverifikasi dan tinggal menunggu proses perizinannya selama lebih kurang dua minggu dari Pemprov Kepri,” kata Bupati Rafiq.

Meski begitu, Bupati menyebut pihaknya akan segera melakukan uji coba PCR atau metode pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus tersebut.

“Insya Allah, dalam waktu dekat akan kita launching yang bukan untuk kebutuhan secara umum, tapi akan kita uji cobakan, mungkin saya akan melakukannya dengan Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Danlanal, Dandim dan FKPD yang lain sambil menunggu izinnya keluar,” ujar Bupati Rafiq.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, pihaknya sangat berharap Pemprov Kepri dapat segera mengeluarkan izin penggunaan alat tersebut.

“Kami harap izinnya bisa segera selesai tidak sampai dua minggu, karena alat tes PCR ini sangat dibutuhkan masyarakat Karimun,” kata Bupati.

Sementara itu, penanggungjawab tes PCR RSUD Karimun yakni dr Abdul Muin Ritonga menjelaskan, bahwa alat PCR saat ini berjumlah dua unit.

Pos terkait