KPU Karimun Kembalikan Rp5,3 Miliar Sisa Dana Hibah Pilkada

  • Whatsapp

Karimun, JurnalTerkini.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mengembalikan sisa dana hibah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, sisa dana Pilkada yang dikembalikan pihaknya tersebut, senilai Rp. 5,330 miliar.

Bacaan Lainnya

“Sisa dana yang kita kembalikan ini, dari dana hibah untuk KPU yang sebelumnya disetujui oleh Pemkab Karimun senilai Rp. 16,448 miliar dan yang terealisasi oleh kita senilai Rp. 11.168 miliar,” kata Eko, Kamis (10/6/2021).

Lebih lanjut, Eko menjelaskan bahwa pengembalian sisa dana yang tak terpakai itu sudah diserahkan ke kas daerah sejak 10 Mei 2021 lalu.

Dari anggaran yang terealisasi itu, kata dia, pengeluaran terbesarnya berada pada pengadaan logistik Pilkada.

Eko mengungkapkan, adanya sisa dana hibah itu, dipicu oleh tidak dilaksanakannya sejumlah kegiatan secara tatap muka oleh pihaknya.

Khususnya, seperti sosialiasi, rapat, dan perjalanan dinas yang cukup banyak dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

Sehingga, kata dia, pihaknya mengambil langkah alternatif dengan melaksanakan rapat secara virtual menggunakan zoom meeting.

“Seperti pertemuan-pertemuan dan perjalanan dinas banyak yang tidak dilaksanakan, itu salah satu penyebab anggaran itu tidak terserap maksimal,” ungkapnya.

Meski begitu, Eko mengaku hal tersebut tidak menghambat tugas KPU. Karena masih bisa disiasati dengan menggunakan rapat secara virtual bersama KPU RI.

“Seperti pertemuan atau rapat dengan KPU RI, itu kita tidak diundang. Biasanya pertemuan digelar di Bandung atau Jakarta kita diharuskan hadir. Namun, sekarang dilakukan secara virtual. Artinya, tetap terlaksana meski tidak menggunakan anggaran yang besar,” ucap Eko. (yra)

Pos terkait