Tiga Instansi Patroli Bersama di Laut Kepri, Ini Sasarannya

  • Whatsapp
Tiga pejabat dari Bea Cukai, KPLP dan Polisi Perairan memberikan keterangan pers usai apel gabungan tanda dimulainya patrol. (foto: istimewa)
Tiga pejabat dari Bea Cukai, KPLP dan Polisi Perairan memberikan keterangan pers usai apel gabungan tanda dimulainya patrol. (foto: istimewa)

Jakarta, JurnalTerkini.id – Tiga instansi menggelar patroli penegakan hukum di laut Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) antara lain Bea Cukai, KPLP dan Polisi Perairan (Polair).

Patroli penegakan hukum itu melibatkan Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam, Kantor Wilayah Khusus Bea Cukai Kepri menggandeng Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) atau Sea and Coast Guard Indonesia bersama Korpolairud Baharkam Polri.

Bacaan Lainnya

Patroli tersebut digelar dalam upaya menjaga dan mencegah aksi penyelundupan barang yang masuk Kepulauan Riau (Kepri), pencemaran lingkungan, penertiban administrasi pelayaran dan kegiatan-kegiatan illegal di wilayah perairan khususnya Pesisir Timur Sumatera.

Kegiatan ini dilaksanakan secara kontinyu, dan tahun ini dibuka dengan apel gabungan di Pelabuhan Sekupang, Batam pada Selasa (8/6/2021).

“Adapun patroli laut tersebut merupakan sarana peningkatan sinergitas tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dari instansi yang berwenang di laut untuk mencegah tindakan melanggar hukum,” kata Direktur KPLP, Ahmad di Jakarta hari ini, Rabu (9/6/2021).

Ahmad menjelaskan bahwa patroli laut bersama tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 8 Juni sampai dengan 19 Juni 2021 yang difokuskan di wilayah perairan Kepulauan Riau dengan tujuan mencegah aksi tindak penyelundupan barang, narkoba, miras, rokok dan penyelundupan baby lobster.

Pos terkait