Bupati Inhil HM Wardan Hadiri Gebyar PSP, Ini Pesannya

  • Whatsapp
Bupati Inhil HM Wardan menghadiri acara Gebyar Program Sekolah Penggerak (PSP). (foto: Prokopim Pemkab Inhil)
Bupati Inhil HM Wardan menghadiri acara Gebyar Program Sekolah Penggerak (PSP). (foto: Prokopim Pemkab Inhil)

Tembilahan, JurnalTerkini.id – Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP menghadiri Gebyar Program Sekolah Penggerak (PSP), di Gedung Daerah Engku Kelana Tembilahan, Kamis (25/2/2021).

Program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dengan Pemerintah Daerah. Untuk Provinsi Riau, hanya tiga kabupaten/kota yang terpilih dalam program ini, yaitu Inhil, Siak, dan Dumai.

Bacaan Lainnya

Turut hadiri pada kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Sekda Drs H Afrizal MP, Ketua BP PAUD Riau, serta para tamu undangan.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, Kemendikbud merasa perlu menyelenggarakan Program Sekolah Penggerak sebagai model satuan pendidikan bermutu. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

PSP dilaksanakan sesuai Keputusan Mendikbud RI Nomor: 1177/M/2020. Kemudian PSP telah di tinjaklanjuti oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Riau.

Bupati dalam sambutannya mengungkapkan, berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil, LPMP Provinsi Riau memberikan kuota peserta PSP sebanyak 186, tetapi sampai saat ini yang mendaftar hanya 54 peserta.

“Untuk itu saya mengharapkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir untuk menginformasikan dan mensosialisasikan kembali kepada satuan pendidikan mulai dari TK, SLB, SD, SMP, SMA dan SMK, agar Kepala Sekolah mengikuti Program Sekolah Penggerak, yang merupakan program unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” urai Bupati.

Perlu dipahami, imbuhnya, bahwa sekolah penggerak bukan sekolah unggulan, tidak mengubah input, mengubah proses, dan meningkatkan kapasitas SDM.

Baca juga: Binrohtal Polres Inhil, Personel Mengaji Kitab Kuning dan Surat Yasin

Pos terkait