UMK Karimun 2021 Ditetapkan Sama Dengan Tahun Ini

  • Whatsapp
Ilustrasi: (netizenku.com)

Karimun, JurnalTerkini.id – Dewan Pengupahan Kabupaten Karimun telah menyepakati Besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) untuk tahun 2021.

Berdasarkan hasil rapat yang dilakukan pada Selasa 3 November 2020 kemarin, UMK 2021 ditetapkan sama dengan besaran UMK tahun ini, yakni sebesar Rp3.335.902.

Bacaan Lainnya

“Sudah disepakati bahwa UMK Kabupaten Karimun tahun 2021 itu sama dengan UMK tahun berjalan atau tahun 2020,” ujar¬†Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karimun, Ruffindy Alamsyah.

Ruffindy mengatakan, kesepakatan besaran UMK itu juga berdasarkan kondisi perekonomian di Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Karimun.

Dimana dalam rapat itu, pihaknya meminta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun Nurul Choiriyati untuk memaparkan hal tersebut.

“Baik itu pertumbuhan ekonomi ataupun inflasi di Karimun. Dari penjelasannya hingga periode triwulan ketiga minus hingga 4 persen lebih. Inflasi juga begitu,” kata Ruffindy.

Sambungnya, apabila mengikuti turunnya perekonomian dan menggunakan sistem penghitungan UMK menggunakan PP No 78.

Maka UMK tahun 2021 turun dibandingkan UMK tahun 2020.

“Badan Pusat Statistik menyarankan supaya UMK sama dengan tahun lalu,” ujar Ruffindy.

Kemudian, Ruffindy menjelaskan bahwa Menteri Tenaga Kerja juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait metode atau mekanisme penetapan UMK di masa pandemi COVID-19 yang ditujukan kepada gubernur-gubernur se-Indonesia.

“Menimbang dan mengingat perekonomian yang lagi terpuruk maka dalam Surat Edaran itu dalam poin C ayat 1, melakukan penyesuaian penetapan upah minimum 2021 sama dengan nilai upah minimum tahun 2020. Atas dasar ini. Gubernur menetapkan UMP mengacu dengan surat edaran. Gubernur juga menyurati seluruh walikota dan Bupati intuk mempedomani surat edaran itu,” jelasnya.

Baca juga: Polres Karimun Musnahkan Ribuan Gram Sabu Diduga Asal Malaysia

space iklan HPN

Pos terkait