Tembilahan, JurnalTerkini.id – Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Inhil, Provinsi Riau yang belum begitu efektif dikeluhkan masyarakat.
Salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya menyebutkan banyak keluhan yang ingin disampaikan ke pihak Disdukpencapil Inhil terkait dengan pelayanan.
“Jika ada kesempatan kita akan sampaikan uneg-uneg ke pihak dinas baik itu pelayanan dan juga memberikan masukan mengenai pembangunan sistem yang baik agar kami bisa mudah mendapatkan dokumen kependudukan,” ujarnya, Kamis (22/10/2020).
Sumber tersebut juga menyatakan pelayanan yang ada sekarang masih belum efektif terlebih pelayanan melalui pesan WhatsApp tidak semua direspon oleh pihak Admin Disdukpencapil.
“Memang ada pelayanan melalui WhatsApp tapi chat kita kadang dibalas kadang tidak. Jadi intinya kita mau ada diskusi terbuka agar kami bisa memberikan pandangan dan menyampaikan keluhan kami terhadap Disdukpencapil Inhil,” tukasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Inhil, Mizwar Efendi melalui Sekretaris Disdukpencapil Inhil, Nursal Sulaiman menyebutkan pihaknya sudah mempersiapkan wacana ini terlebih ia juga sering melihat masukkan masyarakat di media sosial khusus di grup Facebook Disdukpencapil Inhil.
“Nampaknya capil tidak bertepuk sebelah tangan, apa yang disdukcapil rencanakan untuk mengadakan acara DMM ( dukcapil menyapa masyarakat ) dengan apa yang diinginkan oleh warga kelihatannya sudah sinkron. Tinggal kita realisasikan acara DMM tersebut, dan melalui diskusi terbuka itu nanti kita berharap akan ada ide-ide bagus untuk perbaikan pelayanan kependudukan dimasa yang akan datang,” kata Nursal, Kamis (22/10/2020).