Dinkes Gelar Pertemuan Koordinasi Sisrute Puskesmas se-Kabupaten Inhil

Pertemuan koordinasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Inhil di aula Hotel Harmoni Tembilahan, Senin (08/07/2024). (jurnalterkini.id/abdullah)
Pertemuan koordinasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Inhil di aula Hotel Harmoni Tembilahan, Senin (08/07/2024). (jurnalterkini.id/abdullah)

Tembilahan, JurnalTerkini.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menggelar pertemuan koordinasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Inhil di aula Hotel Harmoni Tembilahan, Senin (08/07/2024).

Pertemuan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekertaris Dinkes Inhil, Hj. Irdawati SKM, MM dan diikuti oleh 2 orang perwakilan dari 30 Puskesmas.

Bacaan Lainnya

Irdwati menjelaskan Sisrute adalah media komunikasi dan informasi yang menghubungkan data pasien dari tingkat layanan lebih rendah ke lebih tinggi atau sederajat (horizontal maupun vertikal). Tujuannya untuk mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien.

Dikatakannya, pelaksanaan sistem rujukan di Indonesia telah diatur dalam Pedoman tentang sistim rujukan berdasarakan Permenkes RI No. 001 thn 2012 tentang Sistem Rujukan pelayanan kesehatan perorangan. Secara umum di Indonesia belum semua fasilitas Kesehatan menggunakan Sisrute. Pengembangan Sisrute sampai dengan 25 Oktober 2018 tercatat sejumlah 1944 user Sistute yang terdiri atas RS, Puskesmas, Klinik, dan Instansi. Fasilitas Kesehatan yang terdaftar dalam Sisrute pada tahun 2021 yaitu sejumlah 11.319 yang terdiri atas RS Umum, RS Khusus, Balai Pengobatan, Klinik dan Puskemas.

Sampai saat ini sudah sekitar lebih dari 6 tahun Sisrute di implementasikan di Indonesia. Namun, penggunaan aplikasi Sisrute belum optimal.

“Dengan adanya kegiatan ini Saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat belajar dan dapat menggunakan aplikasi SISRUTE yaitu Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi yang selanjutnya dapat diimplementasikan di Puskesmas masing-masing,” ucap Irdawati. (abd)

Pos terkait