Bupati Asahan Luncurkan Program BAAS

Bupati Asahan menyerahkan SK Bapak Asuh Anak kepada Kapolres Asahan di sela peluncuran dan sosialisasi Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan 2023, Kamis (14/09/2023). (dokumentasi pribadi)
Bupati Asahan menyerahkan SK Bapak Asuh Anak kepada Kapolres Asahan di sela peluncuran dan sosialisasi Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan 2023, Kamis (14/09/2023). (dokumentasi pribadi)

Asahan, JurnalTerkini.id – Bupati Asahan H. Surya meluncurkan sekaligus menyosialisasikan Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan 2023, Kamis (14/09/2023).

Acara launching ini turut dihadiri Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, perwakilan Dandim 0208/AS, perwakilan Danlanal TBA, perwakilan Kajari Asahan, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Ketua TP-PKK Kabupaten Asahan, Sekretaris Daerah sahan, Asisten, Staf Ahli, OPD, camat serta tamu hadirin lainnya.

Bacaan Lainnya

Kepala BKKBN Sumut Dr Munawar Ibrahim menyampaikan kondisi terkini implementasi PPS di Kabupaten Asahan khususnya pada semester I 2023 ini, beberapa hal sudah diselesaikan dan hal-hal yang perlu di tingkatkan kembali capaiannya termasuk BAAS.

“Optimalkan sumber daya serta perkuat koordinasi, pemantauan, dan evaluasi, untuk memastikan program percepatan penurunan stunting berjalan dengan baik,” ujar Munawar.

Sebelum memulai pidatonya, Bupati Asahan menyerahkan SK Bapak Asuh Anak kepada Forkopimda Kabupaten Asahan

Dalam sambutannya, Bupati Asahan menyampaikan berdasarkan hasil survei status gizi Indonesia (SSGI) yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2020 Prevalensi Stunting Kabupaten Asahan berada pada kategori tinggi yaitu 28,6% dan pada tahun 2021,angka Prevalensi Stunting masih kategori tinggi yaitu 18.9%, namun pada tahun 2022,angka Prevalensi Kabupaten Asahan turun 3,6% menjadi 15,3%.

Bupati juga mengatakan perjuangan mencegah dan menurunkan stunting ini tidak sulit selama terjalinnya koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik, antar semua pihak/multisektor.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan kami juga mengucapkan terimaksih kepada kepala perwakilan BKKBN Sumatra Utara yang telah memfasilitasi kegiatan ini, ” Ujar bupati

Di akhir sambutannya Bupati berharap semoga nantinya peserta dapat menjadi Bapak Asuh Anak Stunting, demi masa depan untuk mewujudkan ibu sehat, Anak sehat dan cerdas khususnya di Kabupaten Asahan ini. (*/am)

Editor: Anton Marulam

Pos terkait