Disdikbud Pamekasan Gelar Belajar Bersama di Museum Mandilaras, Target Siswa Paham Budaya

Kepala Disdikbud Kab. Pamekasan, Akhmad Zaini saat memberikan sambutan dalam acara Belajar Bersama di Musium Mandilaras (Dok. Fiki/Jurnal Terkini)
Kepala Disdikbud Kab. Pamekasan, Akhmad Zaini saat memberikan sambutan dalam acara Belajar Bersama di Musium Mandilaras (Dok. Fiki/Jurnal Terkini)

Pamekasan, Jurnal Terkini – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, gelar Festival Education Museum Mandilaras, di Jl. Cokroatmojo No. 1 Pamekasan. Senin, 15/5/23.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Disdikbud, Bupati Pamekasan yang diwakili oleh Asisten 3 Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kab. Pamekasan, Jajaran Organisasi Perangkat Daerah, dan Perwakilan dari Sekolah di Bawah naungan Disdikbud Kab. Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Dalam Sambutannya, Kepala Disdikbud Kab. Pamekasan, Akhmad Zaini mengatakan bahwa kegiatan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

“Besar harapan kami, kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para Guru dan para siswa, agar tahu tentang sejarah dan benda-benda peninggalan zaman dulu,” katanya dihadapan para tamu.

Memurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut, generasi muda bisa lebih tahu tentang sejarah yang ada di Pamekasan.

“Agar anak-anak mengenal masalalu untuk dijadikan pelajaran bagi mereka,” lanjutnya.

Zaini, sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa sejak 2023 ada tambahan koleksi, benda- benda yang berkaitan dengan pendidikan.

“Tahun ini, koleksi yang ada di Disdikbud Pamekasan, kita pindahkan ke Museum Mandilaras, ya walaupun tempatnya jadi sempit karena tambahan koleksi,” pungkasnya.

Disamping itu, Asisten 3 Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kab. Pamekasan, Akmalul Firdaus, menyampaikan pesan Bupati Pamekasan, tentang pentingnya menjaga dan merawat benda-benda bersejarah.

Firdaus juga mengatakan bahwa Kabupaten Pamekasan menyandang predikat kota Pendidikan.

“Saat ini, Pamekasan meraih predikat kota Pendidikan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kata Firdaus, Butuh kesadaran Pemerintah khususnya segenap unsur Disdikbud Pamekasan untuk tetap menjaga dan mengembangkan predikat tersebut.

“Tugas kita selanjutnya mempertahankan predikat ini, karena untuk meraih predikat Kota Pendidikan tidak mudah,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut juga akan dilanjut dengan lomba menulis esai tentang Cagar Budaya Museum Mandilaras, dan Cerdas Cermat untuk jenjang SMP sederajat.

Sedangkan untuk tingkat SD sederajat, yaitu lomba baca puisi “tentang Madura” untuk SD sederajat se Kabupaten Pamekasan. (Fiki)

Pos terkait