Jembatan Penyeberangan Orang Pertama di Karimun Mulai Dibangun

  • Whatsapp

Karimun, JurnalTerkini.id – Jembatan Penyebarangan Orang (JPO) pertama di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mulai dibangun.

Adapun lokasi JPO yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Karimun itu, yakni di jalan A Yani Kolong, Sungai Lakam Barat, Kecamatan Karimun.

Bacaan Lainnya

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, dibangunnya JPO lantaran lokasi tersebut cukup padat dilalui kendaraan, khususnya pada saat jam-jam pulang kerja.

Sehingga, kondisi itu sering kali membuat pejalan kaki kesulitan untuk menyebrang di kawasan tersebut.

Tidak hanya itu, kata Bupati, pembangunan JPO tersebut juga merupakan usulan masyarakat sekitar.

“Pembangunan JPO di lokasi ini atas permintaan masyarakat dari tahun lalu,” kata Bupati Rafiq, Senin (22/11/2021).

Rafiq menjelaskan bahwa, keterbatasan keuangan daerah yang terjadi pada tahun lalu menjadi alasan pihaknya baru dapat memulai pembangunan JPO pada tahun ini.

“Kemampuan keuangan kita terbatas, sehingga JPO baru baru tahun ini bisa terealisasi meski sudah 2 tahun lalu kita anggarkan. Hal yang sama juga terjadi pada renovasi pasar puakang yang juga baru bisa dilakukan pada tahun ini,” jelas Rafiq.

Rafiq menambahkan, bahwa hadirnya JPO tidak hanya untuk memberikan kemudahan bagi para pejalan kaki.

Menurutnya, JPO tersebut akan menjadi ikon baru bagi Kabupaten Karimun.

“JPO ini tidak hanya untuk penyebrangan pejalan kaki saja, nanti akan kita jadikan ikon dan kita buat juga hal-hal yang bisa menumbuhkan ekonomi di sekitarnya,” Kata Bupati Rafiq.

Diketahui, pembangunan JPO yang nantinya bakal memiliki tinggi 5,2 meter dan lebar 22 meter ini menelan biaya sebesar Rp. 2,2 miliar.

Dari pantauan lapangan, proses pengerjaan JPO pertama di Karimun itu, saat ini sedang dilakukan pemasangan tiang untuk pondasi JPO.

JPO tersebut diperkirakan akan rampung pada Maret 2022 mendatang. (YRA)

Pos terkait