Pemkab Meranti Laksanakan PKA dan PKP untuk Pejabat

Bupati Kepulauan Meranti M Adil membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) bagi pejabat baru.
Bupati Kepulauan Meranti M Adil membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) bagi pejabat baru.

Adil Berharap Lahir Inovator Handal

MERANTI, Jurnal Terkini.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti baru-baru ini telah melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dikhususkan bagi pejabat yang baru saja dilantik untuk menjadi Inovator bagi ASN lainnya.

Bacaan Lainnya

Menyadari betul akan kebutuhan Pejabat Maka langkah kongkrit pun disegerakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini terbukti baru baru ini Pemkab memfasilitasi Ditklatpim 4 atau PKA dan PKP.

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti berkesempatan Meresmikan Pembukaan PKA dan PKP dengan harapan akan bermunculan pejabat inovatif.

“Diklatpim IV berubah menjadi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas disingkat PKP dan Diklatpim III berubah menjadi Pelatihan Kepemimpinan Administrator atau PKA. Kegiatan ini sengaja kita fasilitasi dalam menggesa wawasan pejabat yang lebih handal lagi ke depan sehingga SDM pejabat di Meranti lebih inovatif untuk mengisi percepatan pembangunan Kabupaten Meranti kedepan,” kata Adil di hadapan peserta PKA dan PKP.

Menurut Adil, Kegiatan itu terpaksa di ubah dengan peserta yang terbatas dan mengingat anggaran. Dirinya juga mengakui kegiatan itu hanya dilakukan secara metode e-learning karena masih disaat antisipasi penyebaran Covid 19.

“Alhamdulillah kegiatan PKA dan PKP ini dapat dilaksanakan dan di ikuti 40 orang Pejabat Meranti. Angka peserta ini turun dari jumlah yang ditargetkan sebelumnya sebanyak 200 orang pejabat karena masih suasana pencegahan covid 19 kita terpaksa mengecilkan jumlah peserta,” kata Adil.

Diharapkan Adil, Keikutsertaan pejabat meranti hendaknya dapat bersungguh-sungguh belajar selama kegiatan itu berlangsung. Sehingga saat selesai ilmu dan wawasan dapat menjadi percontohan dan inovator bagi ASN di Meranti.

“Belajarlah dan ikuti kegiatan PKP dan PKA ini dengan sungguh sungguh konsentrasi tinggi. Sebab ilmu dan wawasan yang di peroleh dapat pula berimplikasi kepada perubahan kerja yang objektif dan mampu menjadi inovatif dalam menyonsong perubahan pembangunan di Kabupate Kepulauan Meranti, ” kata Adil berharap.

Bagi pejabat yang belum sempat mengikuti PKA dan PKP tahun ini diharap untuk bersabar. Doakan saja untuk tahun depan kita bisa melaksanakan kembali kegiatan PKA dan PKP dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi.

Di lain sisi Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah turut mengapresiasi kegiatan PKA dan PKP yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah.

Menurutnya Ardiansyah, kegiatan itu juga bertujuan membentuk figur pejabat struktural eselon III dan IV yang mampu menjabarkan visi dan misi bupati serta mampu merencanakan pelaksanaan kegiatan instansi.

“Untuk itu sangat diperlukan pelatihan ini yang memungkinkan peserta mampu menerapkan kompetensi yang dimilikinya,” kata Ardiansyah.

Menurutnya pelatihan PKA dan PKP ini sangat bermanfaat bagi Pemkab Kepulauan Meranti, karena setiap pejabat struktural harus ditempati orang-orang yang memiliki SDM yang cukup baik, agar mampu mendukung setiap program pembangunan.

Sebagai Imformasi Pelatihan tersebut selain dihadiri Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil juga dihadiri Wakil Bupati H Asmar dan sejumlah undangan diantaranya Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah, pihak Kepolisian, Kejaksaan dan instansi vertikal lainnya. (ADV/BURHAN)

Baca juga: Kembali Ajukan Tambahan Vaksin ke Pusat, Pemkab Meranti Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19

Pos terkait