Pemkab Pamekasan Keluarkan Edaran Kunjungan ke Museum Mandilaras, Ini Target dan Sasarannya

  • Whatsapp

Pamekasan, Jurnal Terkini – Masa Pandemi bukan alasan untuk tidak belajar, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjang kreatifitas siswa dalam menempuh pembelajaran. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan.

Diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Disdikbu memberikan program kunjungan ke Musium Mandilaras yang terletak di pusat kota Bumi Gerbang Salam.

Bacaan Lainnya

Program tersebut melibatkan para pelajar tingkat SD dan SMP guna meningkatkan minat belajar siswa di tengah pandemi.

Selain itu, tujuan dari terselenggaranya program tersebut untuk memperkenalkan siswa terkait nilai-nilai perjuangan di masa lalu.

Akhmad Zaini Kepala Disdikbud Pamekasan, menuturkan bahwa program tersebut atas dasar mengenalkan para siswa terhadap pembelajaran di luar sekolah.

Untuk menunjang program kunjungan tersebut, maka Disdikbud membuat surat edaran kepada semua jenjang pendidikan yang ada di wilayah pengawasannya.

“Agar mereka mengenang perjuangan orang-orang di masa lalu, yang bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup mereka. Sehingga mereka bisa bersyukur, bahwa saat ini sudah mengalami perkembangan lebih banyak, kalau dulu pakai timba untuk mandi, sekarang sudah pakai Sanyo,” paparnya Kamis (17/6/2021).

Mantan Aktivis PMII tersebut juga menegaskan bahwa Museum Mandilaras buka setiap hari, mulai jam 07.00-13.00 WIB.

Oleh karena itu bagi sekolah yang berniat untuk melaksanakan studi di museum tersebut harus dikoordinasikan dengannya.

Hal itu supaya bisa diatur jadwal kunjungan serta agar tetap bisa mematuhi prokes Covid-19.

“Program tersebut tetap menjunjung tinggi penerapan prokes Covid-19,” jelas Zaini.

Harapannya dengan belajar secara outdoor tersebut, para pelajar bisa merefresh berbagai pengetahuan siswa mengenai lingkungan.

Sehingga tidak hanya terpaku pada pembelajaran di dalam kelas.

“Kunjungan ke museum itu bagian dari belajar di luar ruangan, belajar sambil rekreasi, mohon dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tutupnya. (Fiki)

Pos terkait