Menhub Budi Karya Tinjau Pelabuhan Malarko dan Bandara RHA Karimun

  • Whatsapp
bdullaMenhub Budi Karya Sumadi berbincang dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meninjau Bandara Raja Haji Abdullah, Tebing, Karimun, Sabtu (1/5/2021). (foto yra)
bdullaMenhub Budi Karya Sumadi berbincang dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meninjau Bandara Raja Haji Abdullah, Tebing, Karimun, Sabtu (1/5/2021). (foto yra)

Karimun, JurnalTerkini.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (1/4/2021).

Kedatangan Menhub Budi Karya yang sudah kedua kalinya ke Karimun itu, guna meninjau pembangunan dua proyek strategis. Yaitu, pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Malarko dan pengembangan landasan pacu Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun.

Bacaan Lainnya

Berangkat dari Batam menggunakan dua helikopter, Menhub Budi Karya yang didampingi oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad beserta rombongan tiba di Bandara RHA Karimun sekitar pukul 09.45 WIB.

Menhub Budi Karya mengatakan, kunker nya itu merupakan tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo untuk meninjau kedua proyek strategis tersebut.

Mengenai Pelabuhan Peti Kemas Malarko, Menhub menjelaskan bahwa sejumlah investasi sudah ditanam oleh pemerintah di pelabuhan tersebut.

Hanya saja, kata dia, mengingat fiskal APBN semakin harus disebar kemana-mana, Presiden meminta Kemenhub untuk sedapat mungkin melibatkan Pemerintah Daerah dan pihak swasta untuk pengembangan pelabuhan tersebut.

“Kita sudah sepakat, pelabuhan Malarko dikembangkan menjadi satu pelabuhan dengan konsep kerja sama pengelolaan yang konsesinya bisa 30 tahun,” kata Budi Karya.

Dengan begitu, Menhub menjelaskan pihaknya dapat melimpahkan ke BUMD dan bekerja sama dengan pihak swasta dan selanjutnya akan dikembangkan.

“Bisa dibayangkan, apabila pelabuhan kontainer (peti kemas) ini bisa berjalan, maka kegiatan ekonomi akan semakin baik di Karimun,” jelasnya.

Pos terkait