KPU Karimun Ajak Masyarakat Tidak Takut Mencoblos di Tengah Pandemi COVID-19

  • Whatsapp
Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko dan komisioner KPU Martinus mencontohkan pemungutan suara dalam simulasi Pilkada Serentak 2020 di Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, Sabtu (22/11/2020). (Foto: yra)
Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko dan komisioner KPU Martinus mencontohkan pemungutan suara dalam simulasi Pilkada Serentak 2020 di Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, Sabtu (22/11/2020). (Foto: yra)

Karimun, JurnalTerkini.id – Setiap perhelatan pesta demokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Sabtu (21/11/2020).

Namun, terdapat perbedaan yang mencolok pada simulasi yang digelar tahun ini.

Bacaan Lainnya

Jika biasanya simulasi digelar di sekitar Kantor KPU Kabupaten Karimun yang berada di Jalan Soekarno Hatta Poros Kelurahan Sungai Pasir Kecamatan Meral.

Pada tahun ini, simulasi yang digelar serentak se-Indonesia itu dilakukan di Lapangan Bola Kaki Alor Jongkong, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, pandemi COVID-19 menjadi alasan pihaknya menggelar simulasi di daerah tersebut.

Menurutnya, simulasi yang dilakukan itu, untuk melihat bagaimana cara dan kesiapan seluruh petugas dalam pemilihan serentak pada 9 Desember 2020 mendatang di tengah pandemi COVID-19.

“Kami ingin memberikan gambaran kepada masyarakat, agar tidak takut untuk menggunakan hak suaranya karena kita telah siapkan kelengkapan tahapan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Eko, diwawancara usai kegiatan.

Eko menjelaskan, penerapan protokol kesehatan yang m ketat itu diantaranya sebelum masyarakat datang ke TPS yang telah disiapkan.

Petugas terlebih dahulu melakukan sterilisasi di lokasi pemungutan suara dengan penyemprotan cairan disenfektan.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan jaga jarak saat antri untuk menggunakan hak suaranya dan menyediakan tempat untuk mencuci tangan dengan sabun serta dilakukan pengecekan suhu tubuh.

Pos terkait