Polsek Tebing Ungkap Curat Bermodus Gunakan Mobil Rental, Sasarannya Lanjut Usia

Tersangka curat pakai mobil rental, E setelah diamankan di Mapolsek Tebing, Kamis (13/6/2024). (foto: Polsek Tebing)
Tersangka curat pakai mobil rental, E setelah diamankan di Mapolsek Tebing, Kamis (13/6/2024). (foto: Polsek Tebing)

Karimun, JurnalTerkini.id – Unit Reskrim Polsek Tebing, Polres Karimun mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan (curat) menyasar lanjut usia. Modusnya menggunakan mobil rental.

Polisi menangkap tersangka pelaku berinisial E (54) di Pelabuhan Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Kamis (13/6/2024).

Bacaan Lainnya

Kapolsek Tebing, AKP M Djaiz, menjelaskan bahwa modus operandi pelaku terbilang licik. E terlebih dahulu menyewa mobil dan kemudian mencari mangsanya, yaitu para lanjut usia.

Setelah menemukan target, E akan memanggilnya dan berpura-pura mengenal selanjutnya mengajak calon korban masuk dalam mobil untuk mengobrol.

Saat korban ingin keluar, pintu mobil dalam kondisi terkunci dan pelaku mencoba membuka pintu dan berpura-pura kesulitan untuk membukanya.

“Pada saat itulah, tangan kiri pelaku mengambil dompet di saku celana korban, setelah berhasil mengambilnya, pintu mobil terbuka dan korban pun keluar dari mobil,” kata Kapolsek AKP M Djaiz di Tanjung Balai Karimun.

Modus itu terungkap setelah salah seorang korban, M Nor menyadari kalau dompetnya sudah tidak ada dalam saku celana setibanya di rumah.

M Nor, warga RT 001/RW 001, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing langsung melaporkan kejadian pada 8 Juni 2024 tersebut, ke Mapolsek Tebing.

“Korban saat itu sedang mengendarai sepeda motor. Lalu ada seseorang dari dalam mobil melambaikan tangan kepadanya. Orang itu mengajak korban masuk ke mobil hingga terjadilah aksi kejahatan itu,” katanya.

Kapolsek mengatakan tersangka E telah melakukan kejahatan serupa dengan empat korban di empat lokasi berbeda, yakni Jl. Pamak, di Jalan Ranggam Kelurahan Teluk Uma, Jl Pamak tepatnya depan Lapangan Bola dan Jalan Teluk Uma.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Avanza hitam, 1 unit Avanza putih dan uang tunai sebesar Rp1.712.000.

“Pelaku kta sangkakan dengan Pasal 362 KUHP Jo pasal 64 Ayat 1 KUHP. Ancamannya pidana penjara paling lama 5 tahun,” ucap Kapolsek Tebing AKP M Djaiz. (jms)

Pos terkait