PLN Karimun Kembali Lakukan Pemadaman Listrik Bergilir, Ini Penyebabnya

Kantor PLN ULP Tanjung Balai Karimun di Jalan Pertambangan (JurnalTerkini.id/yogi)
Kantor PLN ULP Tanjung Balai Karimun di Jalan Pertambangan (JurnalTerkini.id/yogi)

Karimun,JurnalTerkini.id – Pemadaman listrik di wilayah Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau akan kembali dilakukan oleh PLN.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dipastikan langsung oleh Manager PLN ULP Tanjung Balai Karimun Budimansyah, Kamis (14/9/2023).

Jadwal pemadaman listrik di wilayah Karimun itu, bahkan sudah tersebar luas di media sosial.

Manager PLN ULP Tanjung Balai Karimun Budimansyah mengatakan, pemadaman dilakukan menyusul kerusakan pada Unit 1 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Sebatak, Kecamatan Tebing.

Kondisi tersebut, kata dia, memaksa ULP PLN Rayon Tanjung Balai Karimun melakukan pemadaman bergilir di sejumlah wilayah Karimun.

‘Pemadaman itu dilakukan untuk mendukung proses perbaikan yang diprediksi memakan waktu selama satu pekan kedepan atau sampai dengan 21 September 2023,” katanya

Ia menjelaskan bahwa, saat ini daya mampu pembangkit sebesar 27.35 mega watt dengan beban puncak (17.00 – 22.00 WIB) sebesar 31.50 mega watt (MW).

Kondisi tersebut menyebabkan adanya defisit daya sebesar lebih kurang 4 mega watt (MW).

Meski defisit, Budimansyah mengaku pihaknya akan terus berusaha meminimalisir terjadinya pemadaman listrik emergency terhadap pelanggan.

“Kami juga meminta bantuan perhotelan dan swalayan di Karimun untuk menggunakan genset sementara waktu agar masyarakat umum yang terdampak dapat diminimalisir,” katanya.

Pos terkait