Pemkab Pamekasan Gelar Haul Ronggosukowati Menghadirkan Menko Polhukam RI

Pamekasan, Jurnal Terkini – Rangkaian acara hari jadi satu persatu telah selesai digelar, kali ini sebagai pamungkas hari jadi Kabupaten Pamekasan ke 492 tahun, dikemas dengan haul raja Ronggosukowati di Masjid Agung Asyuhadak Pamekasan. Selasa, 22/11/22.

Kegiatan pamungkas ini dihadiri oleh Menkopolhukam RI Prof Dr M. Mahfud MD, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan wakilnya Fattah Jasin MS, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, hadir pula Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, perwakilam dari Bupati Bangkalan dan Kabupaten Sumenep.

Dalam sambutannya, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan kegiatan ini digelar dalam mendekatkan diri kepada Allah melalui kecintaan kepada sang Rasulullah SAW

Ia juga berharap agar Kabupaten Pamekasan baik baik saja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemerintah.

“Semoga kita senantiasa mendapat jalan yang diridha’i Allah SWT terutama dalam menjalankan tugas pengabdian kepada negara,” katanya dihadapan para undangan yang hadir pada acara tersebut.

Ia juga meminta dukungan kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mensupport program pemerintah dalam upaya mensejahterakan warganya.

Disamping itu, Mengkopolhukam Prof Dr Mahfud MD, saat memberikan orasi kebangsaan mengatakan lahirnya Pamekasan dikaitkan dengan nama besar Ronggosukowati.

Menurutnya, Dia adalah raja pertama di Pamekasan yang secara terang-terangan menyebarkan agama Islam dari pusat kota hingga pelosok desa.

“Mari kita belajar dari Ronggosukowati ini tentang pemahaman sejarah. Bahwa orang yang baik sekalipun meninggal sebenarnya dia tidak meninggal,” ujar Mantan ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

Ia menambahkan bahwa raga seseorang boleh terkubur, namun tidak untuk catatan sejarahnya.

“Beliau (Ronggosukowati) meninggalkan ide ide dan kebijaksanaan yang hidup dan tetap diingat dan diikuti oleh masyarakat,” tandasnya. (Fiki)

Pos terkait