Gubernur Kepri Dorong Pulau Kundur Jadi Sentra Pertanian Andalan di Kepri

  • Whatsapp

Karimun, JurnalTerkini.id – Pulau Kundur, Kabupaten Karimun akan didorong sebagai sentra pertanian andalan di Kepulauan Riau (Kepri).

Hal tersebut disampaikan langsung Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat melakukan panen bersama Sekolah Lapang Inovasi Teknologi Produksi Lipat Ganda di Tanjungberlian, Kundur Utara, Karimun, Sabtu (27/11/2021).

Bacaan Lainnya

Gubernur mengatakan, dorongan tersebut lantaran Pulau Kundur merupakan daerah yang subur dan terkenal akan hasil pertaniannya.

Dimana, kata dia, hampir semua komoditi pertanian bisa ditanam di pulau yang populer sebagai penghasil durian berkualitas di Indonesia tersebut.

“Maka, kita bersama-sama akan tetapkan  itu, kalau sudah ditetapkan kita harus konsisten mendorong Pulau Kundur menjadi sentral pertanian andalan kita di Kepri,” kata Gubernur Kepri.

Ansar menjelaskan bahwa, Pulau Kundur merupakan sentra sayur-sayuran dan buah-buahan. Sehingga, pihaknya akan memberikan program-program terbaik di dua hal tersebut.

“Pulau Kundur ini sentra sayuran dan buah-buahan, kita memprogramkan apapun harus kita kaitkan dengan potensi pasar kedepannya,” jelasnya.

Ansar mencontohkan, salah satu komoditi pertanian di Pulau Kundur yang harus dikembangkan untuk kebutuhan pasar adalah Durian Musang King.

Durian Musang King, kata Ansar, adalah salah satu komoditi andalan Indonesia untuk diekspor ke manca negara seperti ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

“Di China (RRT) banyak warganya mau Durian Musang King, maka kita dorong pengusaha-pengusaha di Pulau Kundur untuk mengembangkan Durian ini karena sekarang jumlahnya belum begitu banyak, untuk kebutuhan di Batam saja mungkin masih kekurangan, maka kita dorong Durian Musang King ini supaya bisa dikembangkan,” ujarnya.

Pos terkait