Wabup Asmar Rakor Bersama Gubernur, Siap Bersinergi Antisipasi Karhutla di Meranti

Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Asmar rakor penanggulangan karhutla bersama Gubernur Riau.
Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Asmar rakor penanggulangan karhutla bersama Gubernur Riau.

Pekanbaru, JurnalTerkini.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mendukung Pemprov Riau dalam menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), untuk itu sinergitas antara kabupaten dan provinsi terus diperkuat seperti yang dilakukan oleh Wakil Bupati Meranti H. Asmar dengan mengikuti Apel Siaga Penaggulangan Karhutla bersama Gubernur Riau, bertempat di halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (16/3/2021).

Apel siaga dipimpin Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar dan dihadiri Staf Ahli BNPB RI Mayjend TNI Purn Amrin, Brigjendpol. Purn Hasanudin, Wakil Ketua DPRD Riau, Danrem 031/WB Brigiend TNI Syech Ismed, Bupati/Walikota dan Kapolres/Dandim se-Provinsi Riau, Kepala OPD dan Instansi Vertikal, perwakilan perguruan tinggi, dunia usaha lainnya.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, memprakirakan saat ini beberapa wilayah di Riau sudah memasuki musim kemarau yang berpotensi dapat memicu terjadinya titik api dan Karhutla.

Diinformasikan Gubernur Riau, sampai 12 Maret 2021 luasan Karhutla di Provinsi Riau sudah mencapai 600 Ha lebih, dengan jumlah Hotspot 216 Titik. Dan berkat kerja keras dari Pemerintah Daerah yang didukung oleh Kepolisian, TNI, Masyarakat Peduli Api dan lainnya Karhutla di Riau dapat ditanggulangi. 

Kemudian untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla dan Bencana Asap di Riau mulai Senin, (15/3/2021), Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, telah  menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Status siaga karhutla tersebut akan berlaku hingga 31 Oktober 2021. 

Penetapan status siaga darurat tersebut, mengacu pada Peraturan Gubernur Riau Nomor 09 Tahun 2020 tentang Prosedur Tetap Kriteria Penetapan Status Keadaan Bencana dan Komando Satuan Tugas Pengendalian Bencana Karhutla di Provinsi Riau dan situasi terkini.

Dalam Apel Siaga tersebut, Gubernur Riau meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kota, Dunia Usaha dan seluruh pihak terkait dapat bergerak dan mengerahkan seluruh sumber daya dan kemampuan dalam penanggulangan Karhutla di Provinsi Riau. Termasuk juga dukungan dari Pemerintah Pusat melalui BNPB, KLHK dan lainnya.

Ada 6 hal yang ditekankan Gubernur Riau yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah yakni :

Pos terkait