Ady Hermawan: Labuh Jangkar Potensi Besar bagi PAD Karimun

  • Whatsapp

Karimun, JurnalTerkini.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun berpotensi untuk kembali mengelola aktivitas labuh jangkar di perairan Tanjungbalai Karimun.

Hal itu mencuat setelah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) melalui Dinas Perhubungan menggelar rapat bersama Pemkab Karimun mengenai aktivitas tersebut, Jum’at (19/2/2021) lalu.

Bacaan Lainnya

Dari rapat tersebut, Pemprov Kepri mendorong Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun atau PT Karya Karimun Mandiri (KKM) sebagai salah satu BUMD milik Pemkab Karimun sebagai pengelola aktivitas labuh jangkar.

Potensi kembalinya aktivitas labuh jangkar itu mendapat sorotan dari Ketua Komisi III DPRD Karimun, Ady Hermawan.

Menurutnya, potensi untuk mengelola labuh jangkar itu harus segera direalisasikan oleh Pemkab Karimun.

Dengan begitu, legislator fraksi partai Hanura ini meminta agar Bupati Karimun dapat menggesa BUP Karimun untuk segera menyelesaikan masalah perizinan di titik lokasi yang nantinya menjadi lokasi aktivitas labuh jangkar.

Mengingat, kata dia, hanya titik lokasi labuh jangkar di perairan Tanjungbalai Karimun yang belum selesai perizinannya. Sementara, dua titik lokasi lainnya yakni, perairan Nipah dan Galang sudah selesai.

“Saya harap Bupati dapat menggesa BUP Karimun agar menyelesaikan masalah perizinan lokasi labuh jangkar kita, setidaknya dalam waktu satu bulan sudah selesai semuanya,” ucap Ady Hermawan kepada jurnalterkini.id, Senin (22/2/2021).

Ady mengatakan, aktivitas labuh jangkar dapat memberi dividen besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sehinga, aktivitas tersebut menjadi solusi terbaik bagi Kabupaten Karimun untuk mendorong pemasukkan, ditengah berkurangnya PAD dari sektor tambang, perhotelan, restoran dan lainnya akibat pandemi COVID-19.

Ia mencotohkan seperti aktivitas labuh jangkar di perairan Galang dan Nipah yang mampu meraup Rp. 200 miliar lebih pertahunnya.

Selain itu, kata dia, aktivitas tersebut juga memberikan peluang bagi swasta dalam hal penyediaan bahan makanan, minuman, perawatan kapal dan kegiatan lainnya.

space iklan HPN

Pos terkait