Ikon Kabupaten Karimun: Pesona Budaya dan Sejarah Daerah

Tugu MTQ atau Tugu Iman dan Takwa, salah satu ikon Kabupaten Karimun yang terletak di Coastal Area, Tanjung Balai Kairmun. (jurnalterkini.id/yogi)
Tugu MTQ atau Tugu Iman dan Takwa, salah satu ikon Kabupaten Karimun yang terletak di Coastal Area, Tanjung Balai Kairmun. (jurnalterkini.id/yogi)

Karimun, JurnalTerkini.id – Kabupaten Karimun, yang terletak di Kepulauan Riau, terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Selain itu, Karimun juga memiliki banyak ikon yang mencerminkan budaya dan sejarahnya yang kaya. Berikut beberapa ikon Kabupaten Karimun yang wajib Anda ketahui:

  1. Tugu MTQ: Tugu ini disebut juga dengan Tugu Iman dan Takwa, didirikan sebagai monumen kebanggaan bahwa Karimun memiliki prestasi dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Tugu ini terletak di persimpangan empat di pinggir laut, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun. Bentuknya unik berupa perpaduan kapal, mercusuar dan Al Qur’an sebagai simbol Karimun merupakan daerah maritim dengan salah satu azamnya, iman dan taqwa.
  2. Coastal Area: Kawasan ini merupakan kawasan wisata baru di Karimun yang menawarkan berbagai atraksi wisata menarik, seperti taman bermain, marina, dan pusat kuliner ekonomi kerakyatan. CAD menjadi ikon modern Kabupaten Karimun yang menunjukkan kemajuan pembangunan di daerah ini.
  3. Masjid Al Mubaraq: Dibangun pada tahun 1823, masjid ini terletak di Meral, Kecamatan Meral dan merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Karimun sebagai warisan dari Kerajaan Pulau Penyengat Sri Indra Sakti.
  4. Vihara Cetiya Tri Dharma: Vihara ini merupakan salah satu vihara tertua di Karimun yang didirikan pada tahun 1873, terletak di bibir pantai Pulau Buru, Kecamatan Buru. Vihara ini memiliki arsitektur khas Tionghoa yang indah dengan patung-patung Buddha yang megah.
  5. Batu Kundur: Batu ini merupakan batu granit raksasa yang terletak di Pulau Kundur. Batu Kundur menjadi ikon alam Kabupaten Karimun yang menunjukkan kekayaan alam daerah ini.
  6. Tari Zapin: Tari ini merupakan salah satu tarian tradisional Melayu yang populer di Karimun. Tari Zapin biasanya ditampilkan pada acara-acara adat dan budaya.
  7. Batik Karimun: Batik ini merupakan batik khas Karimun yang memiliki motif-motif ikal laut yang unik dan menarik. Batik Karimun menjadi salah satu cenderamata khas Karimun yang populer di kalangan wisatawan.
  8. Kuliner Karimun: Karimun memiliki berbagai kuliner khas yang lezat dan patut dicoba, seperti otak-otak, ikan asam pedas, lendot, dan mie lakse. (yra)

Pos terkait